Rabu, 20 Maret 2013

Artikel Cinta Tanah Air Indonesia


TANAH AIRKU ..

Tanah airku tidak kulupakan
Kan terkenang selama hidupku
Biarpun saya pergi jauh
Tidak kan hilang dari kalbu
Tanah ku yang kucintai
Engkau kuhargai

Walaupun banyak negri kujalani
Yang masyhur permai dikata orang
Tetapi kampung dan rumahku
Di sanalah kurasa senang
Tanahku tak kulupakan
Engkau kubanggakan


*courtesy of LirikLaguIndonesia.Net

 


Ilustrasi Cinta Indonesia 
Sejarah Indonesia sepertinya menjadi tonggak utama yang membuat kita sebagai masyarakat indonesia wajib untuk mengetahui pergolakan sejarah dimasa lalu. Tanpa sejarah, masyarakat indonesia tidak akan bisa berdiri seperti sekarang ini.

Oleh sebab itu, sejarah bangsa indonesia perlu diketahui sebagai motivasi dan pedoman paling besar untuk bisa mempertahankan negeri ini dari bangsa jajahan yang bisa menurunkan pertahanan dan kualitas keamanan nasional.

Sejarah Indonesia merupakan bentuk paling besar dari kebudayaan yang dibulai sejak zaman prasejarah yang menemukan manusia jawa hingga berbagai periode sejarah Indonesia yang meliputi era prakolonian, munculnya beragam kerajaan Hindu, Budha, Peralihan, dan Islam, hingga era kolonial daimana Indonesia dijajah oleh bangsa Eropa yang datang dengan berbagai tujuan.

Motivasi Cinta Indonesia 

Bila ada yang bertanya apa motivasi terbesar yang membuat masyarakat indonesia wajib mencintai negara dan bangsanya tentu adalah para pahlawan yang berjuang dengan sekuat tenaga untuk memberikan kebebasan dan kemerdekaan kepada generasi penerusnya, yakni masyarakat Indonesia yang ada pada saat ini.

Oleh sebab itu, mencintai negara Indonesia bukan hanya mencintai karena keindahan dan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh negara ini, tapi juga mencintai karena berbagai kekurangan yang harus dibenahi oleh masyarakat.

Cinta negara atau tanah air adalah sebagian dari iman. Negara adalah bagian dari sesuatu yang mengalir didarah kita, yang akan selalu kita bawa hingga kita sudah meninggal dunia, sampai kapan pun negara tidak bisa dilepaskan dari identitas kita, karena negara adalah roh yang menyatu dengan raga kita. 

Sebagai orang Indonesia, kita harus bangga karena dilahirkan dan menjadi orang indonesia. Banyak cara untuk mencintai Indonesia. Wujud Cinta Indonesia bisa dilakukan dengan hal-hal yang sederhana atau dimulai dari hal-hal yang kecil, seperti misalnya merasa bertanggung jawab atas lingkungan kita.

Rasa cinta kita sebaiknya ditunjukan dengan hal-hal yang bersifat aplikatif, yaitu dengan bekarja dan turun langsung untuk menjaga san melindungi tanah air indonesia, seperti menanam pohon, membuang sampah pada tempatnya, dan lain sebagainya.

 Berbagai perilaku wujud cinta Indonesia 

Mencintai bangsa dab negara Indonesia bukan berarti hanya diwujudkan dengan melakukan upacara pengibaran bendera merah putih saat proklamasi datang, melainkan lebih dari itu.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan demi mewujudkan rasa cinta kita terhadap tanah air dan bangsa ini. Beberapa hal mendasar yang mencerminkan bahwa kita mencintai indonesia bisa dibuktikan dengan melakukan tindakan-tindakan berikut ini.
  • Bangga sebagai orang indonesia
Rasa bangga terhadap tanah air akan menimbulkan rasa cinta dan memiliki yg sangat besar terhadap indonesia. Jika sudah bangga dan cinta, kita akan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik bagi bangsa kita. Kita akan selalu menjaga nama baik indonesia dan memperjuangkan kelangsunga kemerdekaan indonesia.   
  • Memakai produk dalam negeri
Memakai produk dalam negeri berarti mencintai hasil karya orang-orang Indonesia. Dengan memakai  produk dalam negeri, berarti kita berusaha mencintai segala sesuatu yg berasal dari indonesia. Pakailah produk-produk dalam negeri. Dengan membeli produk dalam negeri, berarti kita membantu melancarkan pembangunan di negeri ini.

Pembangunan yang dimaksud tentu bukan hanya dalam tataran perekonomian negara, melainkan tataran sosial dan budaya yang di dalamnya tentu memuat berbagai aspek kehidupan lain dari bangsa ini.

Misalnya saja, dengan menggunakan produk dalam negeri, kita bukan hanya meningkatkan kreativitas masyarakat dalam menciptakan suatu barang yang indah dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, tapi juga memberikan bukti akan kualitas kebudayaan negara dalam bentuk nilai kehidupan yang lebih baik.

Selain itu, meningkatkan kualitas produk dalam negeri juga sama halnya dengan meningkatkan kepercayaan masyarakat indonesia akan kemampuan bangsanya untuk memberikan niai ekonomi dan sosial yang lebih tinggi dalam tataran kenegaraan sehinhha nilai-nilai tersebut tidak hanya berlaku diwilayah dalam negeri saja, tapi juga sampai ke dunia Internasional.
  • Menaati peraturan
Mentaati peraturan adalah contoh aktif yang paling besar dalam mencintai indonesia. Dengan mentaati peraturan, berarti kita pedulia akan kelangsungan kehidupan yang damai di negeri inonesia tercinta ini. Jangan pernah melanggar peraturan yang sangat ditetapkan negara, karena pada akhirnya akan sangat merugikan orang banyak. 

Berbagai peraturan yang berlaku tentu menjadikan manusia indonesia menghargai artinya bernegara dan meningkatkan kualitas pertahanan dan keamanan negara. Sebagai contoh, salah satu tindakan yang sangat tidak mencerminkan sikap menaati peraturan adalah lahirnya para koruptor di negeri ini.

Kemajuan bangsa indonesia dalam bidang ilmu dan tekhnologi seyogyanya bisa memberikan kemajuan yang baik pula bagi bangsanya dalam hal moralitas dan tindakan bernegara.

Korupsi bukan hanya merugikan satu atau dua orang yang menjadi korban tindakan tersebut, tapi juga merugikan bangsa dan negara ini dalam bidang ekonomi, sosial dan budaya.

Masyarakat dengan tingkat korupsi yang tinggi memperlihatkan bahwa negara ini memiliki moralitas yang rendah yang akan sangat berpengaruh terhadap tindakan ekonomi, sosial dan budaya masyarakat lainnya .

Dengan tindakan tersebut, maka akan banyak khalayak miskin yg hidupnya lebih miskin lagi sehingga mereka memilih untuk melakukan tindakan buruk seperti mencuri, merampok, dan hal lain untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Oleh sebab itu, tindakan dalam mentaati peraturan merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan untuk membuktikan rasa cinta kita terhadap bangsa dan negeri yang memiliki ragam kebudayaannya ini.
  • Membayar Pajak
Sebagai orang yang bijak, kita harus membayar pajak. Dengan membayar pajak, kita telah melancarkan pembangunan di Indonesia. Berkat uang yang diperoleh dari hasil pajak kita, negara akan lancar melakukan pembangunan dan tidak akan terkendala biaya, jika kita tidak bayar pajak, berarti kita akan menghambat kemajuan Indonesia dan menghambat pembangunan di Indonesia.

Itulah hal-hal sederhana untuk menunjukan rasa cinta kita terhadap tanah air Indonesia. Hal-hal tersebut sekaligus mungkin akan sangat mudah untuk kita jalani. Namun, untuk melakukannya diperlukan pengorbanan yang besar. Mencintai indonesia memang harus rela berkorban, sebagaimana para pahlawan yang rela mangorbankan nyawanya demi kemerdekaan Indonesia.

Dengan membayar pajak, kita berarti telah melakukan aturan yang berlaku di negara ini untuk mewujudkan pembangunan yang diharapkan bisa berjalan sesuai dengan rencana dan harapan sebagian besar masyarakat indonesia.

Tidak hanya itu, membayar pajak juga berearti turut memberikan kontribusi terhadap masyarakat prasejahtera yang masih membutuhkan uluran tangan dari pemerintah dan masyarakat lain yang sudah menduduki tingkat sejahtera dalam stara ekonomi masyarakat.
  • Mengapresiasi kebudayaan nusantara
Tindakan ini yang bisa menjadi wujud kecintaan kita terhadap bangsa dan negeri ini adalah dengan mengapresiasi kebudayaan nusantara. Misalnya saja, kebudayaan dalam bidang kesenian yang menurut masyarakat Indonesia untuk senantiasa menghargai hakikat kebudayaan.
kebudayaan indonesia tentu merupakan hak dan kewajiban masyarakat indonesia karena hal itu juga berhubungan dengan nilai-nilai kehidupan lainya. Dengan kebudayaan yang kuat, maka masyarakat pun akan menjadi masyarakat yang kuat dan berguna bagi negaranya.

Hal tersebut merupakan representasi wujud bangsa indonesia sehingga dengan kebudayaan yang kuat, maka akan lahir pula generasi bangsa yg kuat dan memiliki moralitas yang tinggi.

Dari paparan diatas, dapat disimpulkan bahwa banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mewujudakan bangsa dan negara yang sesuai dengan harapan kita sebagai masyarakat indonesia. Kelima tindakan diatas hanya sebagian kecil contoh perilaku cinta indonesia yang bisa diterapkan guna mewujudkan negara impian di masa mendatang.

http://www.anneahira.com/cinta-indonesia.htm

1 komentar:

  1. Harrah's Resort Atlantic City - Mapyro
    Get directions, reviews 익산 출장샵 and information for Harrah's Resort Atlantic City in 사천 출장안마 Atlantic City, NJ. 대구광역 출장마사지 Harrah's Resort 경주 출장샵 Atlantic City. 원주 출장샵

    BalasHapus