Kamis, 06 Oktober 2016

ILMU SOSIAL DASAR

Pokok Bahasan
ISD Sebagai Salah Satu Mata Kuliah Dasar Umum

Mata kuliah dasar umum atau Pendidikan umum merupakan pendidikan dasar dan menengah yang mengutamakan perluasan pengetahuan yang diperlukan oleh peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Pendidikan ini diperlukan di dalam proses belajar mengajar di perguruan tinggi karena keberadaannya bisa dibilang penting dalam mendampingi mata kuliah utama sesuai jurusan. Adapun mata kuliah dasar ini diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan ketakwaan kepada tuhan yang maha esa, kecerdasan, keterampilan, budi pekerti, kepribadian, dan sebagainya(1). Hal ini menjadi penting agar seorang mahasiswa lulusan perguruan tinggi memiliki keseimbangan dalam berpikir dan bertindak. Hal ini merupakan suatu rangkaian untuk mencapai 3 kemampuan yang diharapkan dari lulusan perguruan tinggi, yaitu :
1.      Memiliki kemampuan profesionalisme: nilai, dan sikap yang memungkinkannya berpartisipasi secara aktif dan cerdas dalam proses politik; Memiliki kemampuan, etos kerja, dan disiplin kerja yang memungkinkannya aktif dan produktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan ekonomi.
2.      Memiliki kemampuan akademis: sikap ilmiah untuk dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui kemampuan penelitian dan pengembangan;
3.      Memiliki kemampuan personal: kepribadian yang mantap, berkarakter, dan bermoral, serta berakhlak mulia(2).
Selanjutnya, untuk mewujudkan semua itu maka perlulah pula ilmu sosial dasar (ISD) sebagai salah satu dari mata kuliah dasar umum (MKDU) . Sistem pendidikan kita menjadi suatu yang elit bagi masyarakat kita sendiri sehingga kurang akrab dengan linkungan masyarakat, serta tidak mengenali dimensi-dimensi lain diluar disiplin ilmunya merupakan suatu sebab yang melatarbelakangi perlunya ISD di dalam pelaksanaan pendidikan kita.



Sub Pokok 1
Pengertian, Tujuan Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial

A.  Pengertian Ilmu Sosial Dasar

Ilmu sosial dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang masalah manusia dan kebudayaan khusnya yang berada di indonesia. Dan  Ilmu sosial dasar juga salah satu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang masalah sosial didalam masyarakat yang menggunakan teori-teori (fakta,teori, konsep) dalam pencarian bukti-bukti dilapangan,  dan berasal dari beberapa bidang ilmu pengetahuan, yaitu: Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah.
·         Ilmu Sosial Dasar juga bukan merupakan gabungan dari berbagai macam ilmu sosial yang dipadukan, karena ilmu sosial dasar tidak memiliki objek materi ilmiah tersendiri dan tidak mengembangkan suatu penelitian ilmu
·         Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang sosial manusia di dalam lingkungan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Ilmu ada 2 Pengertian :
1.      Ilmu adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode-metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerapakan gejala-gejala di bidang (pengetahuan)tertentu.
2.      Ilmu adalah sebagai pengetahuan atau kepandaian tentang soal duniawi, akhirat, lahir, bathin, danlain-lain.

Pengertian Sosial Menurut Beberapa Ahli

1. LEWIS
Sosial adalah sesuatu yang dicapai, dihasilkan dan ditetapkan dalam interaksi sehari-hari antara warga negara dan pemerintahannya

2. KEITH JACOBS
Sosial adalah sesuatu yang dibangun dan terjadi dalam sebuah situs komunitas

3. RUTH AYLETT
Sosial adalah sesuatu yang dipahami sebagai sebuah perbedaan namun tetap inheren dan terintegrasi

4. PAUL ERNEST
Ilmu Sosial Dasar adalah lebih dari sekedar jumlah manusia secara individu karena mereka terlibat dalam berbagai kegiatan bersama

5. PHILIP WEXLER
Ilmu Sosial Dasar adalah sifat dasar dari setiap individu manusia

6. ENDA M. C
Ilmu Sosial Dasar adalah cara tentang bagaimana para individu saling berhubungan

7. LENA DOMINELLI
Ilmu Sosial Dasar adalah merupakan bagian yang tidak utuh dari sebuah hubungan manusia sehingga membutuhkan pemakluman atas hal-hal yang bersifat rapuh di dalamnya

8. PETER HERMAN
Ilmu Sosial Dasar adalah sesuatu yang dipahami sebagai suatu perbedaan namun tetap merupakan sebagai satu kesatuan

9. ENGIN FAHRI
Ilmu Sosial Dasar adalah sebuah inti dari bagaimana para individu berhubungan walaupun masih juga diperdebatkan tentang pola berhubungan para individu

Dari pengertian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa ilmu sosial dasar adalah  suatu ilmu yang mempelajari atau memperdalam persoalan sosial yang ada di lingkungan masyarakat yang berupa Fakta dari berbagai bidang pengetahuan ilmu-ilmu sosial yakni bidang Ekonomi, Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi, Psikologi Sosial.

B.  Tujuan Ilmu Sosial Dasar

Tujuan dari ilmu sosial dasar adalah agar dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dan juga untuk mengembangkan kepribadian individu dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritis terhadap nilai-nilai budaya. Sebagai salah satu Mata Kuliah Dasar Umum, Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa seperti :
a.       Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial    yang ada dalam masyarakat.
b.      Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usahamenanggulanginya.
c.       Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya) secara kritis-interdisipliner.
d.      memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.

C.  Pengertian IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

Ilmu Pengetahuan Sosial atau Ilmu sosial ( Sosial Science) adalah sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya, ilmu ini menekankan penggunaan metode ilmiah dalam mempelajari manusia, termasuk metode kuantitatif dan metode kualitatif. Berbeda dengan ilmu sosial secara umum IPS tidak memusatkan diri pada satu topik secara mendalam melainkan memberikan tinjauan yang luas terhadap mayarakat. Karena sifatnya penyederhanaan dari ilmu-ilmu sosial, di Indonesia IPS dijadikan sebagai mata pelajaran untuk siswa sekolah dasar (SD), dan sekolah menengah tingkat pertama (SMP/SLTP). Sedangkan untuk tingkat diatasnya mulai dari sekolah menengah tingkat atas dan perguruan tinggi, ilmu sosial di pelajari berdasarkan cabang- cabang dalam ilmu tersebut khususnya jurusan atau fakultas yang memfokuskan diri dalam mempelajari hal tersebut.

D.  Tujuan pembelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

Secara lebih rinci dapat dirumuskan sebagai berikut:
a.      Memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap masyarakat atau lingkungannya, melalui pemahaman terhadap nilai-nilai sejarah dan kebudayaan masyarakat.
b.      Mengetahui dan memahami konsep dasar dan mampu menggunakan metode yang diadaptasi dari ilmu-ilmu sosial yang kemudian dapat digunakan untuk memecahkan masalah-masalah sosial.
c.      Mampu menggunakan model-model dan proses berpikir serta membuat keputusan untuk menyelesaikan isu dan masalah yang berkembang di masyarakat.
d.      Menaruh perhatian terhadap isu-isu dan masalah-masalah sosial, serta mampu membuat analisis yang kritis, selanjutnya mampu mengambil tindakan yang tepat.
e.      Mampu mengembangkan berbagai potensi sehingga mampu membangun diri sendiri agar survive yang kemudian bertanggung jawab membangun masyarakat. pengembangan keterampilan pembuatan keputusan.
f.        Memotivasi seseorang untuk bertindak berdasarkan moral.
g.      Fasilitator di dalam suatu lingkungan yang terbuka dan tidak bersifat menghakimi.
h.      Mempersiapkan siswa menjadi warga negara yang baik dalam kehidupannya“to prepare students to be well-functioning citizens in a democratic society”dan mengembangkan kemampuan siswa mengunakan penalaran dalam mengambil keputusan pada setiap persoalan yang dihadapinya.
i.         Menekankan perasaan, emosi, dan derajat penerimaan atau penolakan siswa terhadap materi Pembelajaran IPS yang diberikan.

E.  Terdapat 3 Kelompok Ilmu Pengetahuan

Berdasarkan yang ada dari buku-buku besar yang dijadikan  sumber dan patokannya ilmu pengetahuan dibagi menjadi tiga yaitu :

Ilmu Pengetahuan Alam

Ilmu pengetahuan alam adalah ilmu yang semua kaitannya tentang nilai kehidupan dan ilmu pengathuan alam dibagi menjadi beberapa pecahan seperti :
a.      Bilogi adalah yang mempelajari tentang mahkluk hidup seperti manusia,hewan,tumbuhan dan mempelajari organ-organ dalam mahkluk hidup demi mengetahui seberapa besar perbedaan organ dalam setiap mahkluk hidup yang mempunyai banyak manfaat misalnya agar kita dapat mengetahui penyakit-penyakit yang ada didalam organ tubuh manusia dll.
b.      Kimia adalah ilmu yang mempelajari jenis-jenis bahan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari kimia mempelajari hasil yang diperoleh dari alam seperi emas, minyak bumi, garam, asam, batu bara, dan masih banyak lagi semua itu dipelajari dengan banyak perhitungan dan juga mengetahui hasil alam lainnya dengan itu bisa menemukan produk baru dari hasil percobaan yang nantinya akan berguna bagi manusia, hasil produk misalya seperti bensin yang digunakan manusia untuk bahan bakar kendaraan bermotor.
c.      Fisika adalah  ilmu yang memepelajari skala perbandingan yang mempunyai banyak cara dan juga langkah-langkah metode dalam perhitungannya didalm proses perhitungannya fisika banyak menggunakan satuan dan juga masa jenis didalam kehidupan. ilmu fisika pun sangat lah banyak kuntunganya contoh:seperti dalam pembuatan pesawat terbang,pasti saat membuat pesawat terbang akan selalu menghitung tingkat kestabilan kerangka,kekuatan kerangka dan tekanan angin yang akan diterima tubuh pesawa dan itu dilakukan agar pesawat dapat terbang dengan stabil dan aman.


Ilmu Pengetahuan Sosial

Ilmu pengetahuan sosial adalah ilmu yang mempelajari tentang unsur-unsur atau nilai-nilai dari berinteraksi sosial, nilai kehidupan dalam melakukan suatu kegiatan, berpikir menjadi orang yang mempunyai tenggang rasa sesama manusia dan didalam ilmu pengatahuan sosial dibagi menjadi beberapa ilmu seperti: sejarah, geografi, ekonomi, dan masih banyak lagi yang lainya.
a.      Sejarah adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan dari masa lampau dari ilmu ini kita dapat mengetahui tentang bagaimana cara kehidupan dimasa lalu yang berlangsung dari mulai cara mereka melangsungkan kehidupannya dari mulai alat-alat yang digunakan  mereka untuk melakukan kegiatannya, dan mengetahui cara berpikirnya dan pola berkembang.
b.      Geografi ilmu yang mempelajari tentang letak suatu daerah dan astronominya ilmu ini sangat berguna untuk menegathui letak-letak daerah dan gejala-gejala alam.
c.      Ekonomi adalah sebuah ilmu yang menggunakan perhitungan dalam menjalankan sebuah  kegiatan agar semuanya bisa berjalan dengan lancar dan tepat.

Ilmu Pengetahuan Budaya

Penjelasan  Ilmu Pengetahuan Budaya adalah ilmu-ilmu pengetahuan yang dianggap bertujuan membuat manusia lebih manusiawi, dalam arti membuat manusia lebih berbudaya. Kategori yang tergolong dalam ilmu ini seperti (Teologi, Filsafat,H ukum, Sejarah, Filologi, Bahasa, Budaya & Linguistik (Kajian bahasa), Kesusastraan, Kesenian, Psikologi). Sedangkan Ilmu Budaya Dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari dasar dasar kebudayaan pola yang terjadi dalah kehidupan sehari - hari dalam manusia.


Sub Pokok 2
ISD dan IPS
     
A.  Perbedaan antara ISD Dan IPS

      Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial kedua-duanya mempunyai perbedaan diantaranya :
1.      Ilmu Sosial Dasar diberikan pada saat di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan pada saat di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
2.      Ilmu Sosial Dasar merupakan matakuliah tunggal, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).
3.      Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian,sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pengetahuan dan keterampilan intelektual.

B.     Persamaan Antara ISD dan IPS

Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial kedua-duanya mempunyai persamaan diantaranya :
1.      Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan pendidikan/pengajaran.
2.      Keduanya bukan ilmu disiplin yang berdiri sendiri.
3.      Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial. 



Sub Pokok 3
Ruang Lingkup ISD

A. Terdapat 3 Golongan Bahan Pengajaran ISD

Ilmu sosial dasar adalah ilmu yang didefinisikan berdasarkan nilai penduduk/masyarakat yang bertempat di satu wilayah/ Negara yang dapat menilai, menyimpulkan, dan juga menganalasis suatu permasalahan yang berada di sekelilingya dengan cara bersosialisai,yang terpenting dalam ilmu sosial dasar yaitu: (fakta, konsep, dan teori) nilai tersebut semua diambil dari sejarah, ekonomi, geografi sosial ,sosiologi, antropologi, psykologi sosial.disetiap masalah pasti ada jalan keluarnya bagaimanapun itu caranya pasti ada saja yang menemukannya, melihat dari adanya fakta, maka dari itu didalam Ilmu sosial dasar terdapat tiga golongan bahan pelajaran seperti dibawah ini.
1.      Nilai yang menjadikan sebuah masalah masyarakat yang menjadi keprihatinan publik yang harus segera diselesaikan karena apa bila tidak diselesaikan keributan tersebut akan  ke wilayah masyarakat yang belum pernah menghadapi masalah seperti itu maka akan merusak lingkungan tersebut.
2.      Menangani sebuah permasalahan yang timbul akibat disengaja  atau pun tidak disengaja kita harus bisa mempelajari masalah tersebut agar tidak muncul masalah yang sama dengan tingkat kerumitan yang berbeda.
3.      Sesuatu yang keterkaitannya dengan masalah yang berhubungan dengan masalah yang satu dengan masalah yang lainnya, merupakan obyek yang tidak mudah untuk mencari sumber masalahnya apa bila semuanya memiliki keterkaitan dalam sumber yang sama.


Kesimpulan

A.  Hakikat Ilmu Sosial Dasar

Ilmu Sosial Dasar (ISD) membicarakan hubungan timbale balik antara manusia dengan lingkungannya. Hubungan ini dapat diwujudkan kenyataan sosial dan kenyataan sosial inilah yang menjadi titik perhatiannya. Dengan Demikian Ilmu Sosial Dasar memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi, dan penalaran kita dalam menghadapi lingkungan sosial. Ilmu sosial bukanlah suatu bidanmg keahlian ilmu-ilmu sosial tertentu, seperti politik, antropologi dan sebagainya, tetapi menggunakan pengertian-pengertian berasal dari berbagai bidang ilmu sosial seperti ilmu politik, sosiologi, sejarah dan sebagainya.

B.  Fungsi Ilmu Sosial Dasar

Dari penjelasan tersebut dapat ditarik beberapa kesimpulan mengenai fungsi dari Ilmu Sosial Dasar itu sendiri terhadap Mahasiswa dan Mahasiswi, diantaranya ialah:

a.       Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat. Maksudnya adalah kita sebagai Mahasiswa dan Mahasiswi diharapkan mampu mengidentifikasi dan juga menelaah baik kenyataan-kenyataan sosial yang terjadi di lingkungan sosial kita maupun masalah-masalah sosialnya.

b.      Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya. Mahasiswa dan Mahasiswi diharapkan mampu mengantisipasi masalah-masalah sosial yang terjadi dalam lingkungan sosial mereka, dan tanggap dalam upaya penanggulangan masalah-masalah tersebut.

c.       Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya) secara kritis-interdisipliner. Mahasiswa dan Mahasiswi mampu menyadari tingkat kerumitan dalam setiap masalah sosial yang terjadi, dimana Mahasiswa dan Mahasiswi hanya dapat melakukan pendekatan pembelajaran dalam masalah tersebut secara kritis-interdisipliner.

d.      memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat. Mahasiswa dan Mahasiswi mampu memahami teori para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain sehingga dapat berkomunikasi dengan baik terhadap para ahli tersebut dalam upaya penanggulangan masalah sosial yang timbul dan terjadi dalam masyarakat.

Daftar Pustaka
Sumber :   
https://ervannur.wordpress.com/2010/09/26/isd-sebagai-salah-satu-mkdu/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar